INFONAWACITA.COM – Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, mengalokasikan anggaran Rp 2 triliun untuk pembangunan infrastruktur. Anggaran ini bersumber dari APBD 2017.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng, di Timika, Rabu (11/1), mengungkapkan hal tersebut. Menurut Eltinus, anggaran Rp 2 triliun tersebut dialokasikan untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika. “Total APBD 2017 adalah Rp 3 triliun, sebanyak Rp 1 triliun sisanya akan digunakan untuk operasional dan belanja tetap semua SKPD,” imbuh Eltinus.

Anggaran pembangunan infrastruktur, lanjut Eltinus, sebagian besar dialokasikan untuk pembangunan jalan dan Bandara Timika yang baru. Pada tahun anggaran 2017 ini, pemerintah setempat mentargetkan pembangunan terminal baru di bandara. Selain itu, juga melakukan pembangunan beberapa jalan, seperti Jl Cenderawasih, Jl Hasanudin, Jalan di mile 32, jalan masuk Mimika Sport Center, serta jalan Banti-Aroanop.

Agenda lainnya adalah pembangunan jalan baru, antara lain jalan tembus dari jalan Trans Nabire menuju ke rencana tempat rekreasi di bagian pesisir Mimika, termasuk memperbaiki Jalan C. Heatubun menuju terminal baru Timika. “Kami berharap, semua pembangunan ini dapat dinikmati masyarakat Mimika,” tutup Eltinus.(AR/ANT)