INFONAWACITA.COM-Sejumlah pengamat ekonomi memberikan apresiasi yang tinggi terkait pertumbuhan ekonomi yang merangkak positif dan hal ini diharapkan menjadi perbaikan ekonomi Indonesia secara menyeluruh.

Seperti diketahui berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada triwulan III-2016 ekonomi Indonesia tumbuh 5,02 persen, di banding pertumbuhan ekonomi global yang tengah mengalami kelesuan.

“Terobosan yang telah dilakukan pemerintah melalui sejumlah paket kebijakan ekonomi, dan dukungan keberhasilan tax amnesty akan memberikan prospek yang semakin baik untuk saat ini maupun akan datang,”kata pengamat ekonomi dari Universitas Cendrawasih Papua, Hans Z. Kaiwai di Jakarta , Senin (14

Menguatkan pernyataan Hans, Ekonom dari Universitas Lampung Mangkurat Hendry Imansyah juga sepakat bahwa ekonomi Indonesia pada Triwulan IV akan mengalami peningkatan. Menurutnya peningkatan pertumbuhan ekonomi pada triwulan berikutnya akan dipicu dari berbagai proyek infrastruktur yang sudah berjalan. Selain itu beberapa harga komoditas utama mulai bergerak naik dalam beberapa bulan terakhir.

(Baca: (Foto) Blusukan Ke Semarang, Jokowi Bertemu PM Singapura)

Sebelumnya optimisme pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV-2016 juga pernah di prediksi oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Menurut Menkeu salah satu faktor pendorong optimisme pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2016 ialah tidak lain karena belanja pemerintah yang diprediksi mengalami akselerasi. (DS)