FIFA Putuskan Lebih Banyak Tim Berlaga di Piala Dunia

INFONAWACITA.COM – Akan lebih banyak negara yang berperan aktif dalam merayakan kompetisi sepak bola terakbar sejagad, Piala Dunia. Hal ini menyusul keputusan FIFA, Selasa (10/1), untuk menambah jumlah tim yang akan lolos ke Piala Dunia 2026, dari sebelumnya 32 tim menjadi 48 tim.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengungkapkan, keputusan ini akan berimbas besar, karena memungkinkan lebih banyak negara bermimpi untuk lolos dengan bertambahnya “kursi” peserta. “Sepak bola bukan lagi sekadar Eropa dan Amerika Selatan,” tutur Infantino.

Dengan keputusan FIFA kini, makan pada gelaran Piala Dunia 2026 nanti, akan ada 16 grup dan masing-masing grup akan terdiri dari tiga tim. Satu hal yang juga penting adalah, turnamen diselenggarakan dalam kurun waktu sama dengan kondisi saat format masih 32 tim. Hal ini menurut Infantino untuk menghindari perpanjangan turnamen yang tidak diinginkan oleh beberapa pihak. Infantino menyebut keputusan ini sebagai “membawa manfaat tanpa sisi negatif.”

Keputusan penambahan jumlah tim menjadi 48 adalah hasil keputusan mutlak Dewan FIFA, Detil tentang keputusan ini akan disampaikan lebih lanjut. Keputusan ini merupakan salah satu janji Infantino dalam kampanyenya untuk menduduki jabatan Presiden FIFA, menggantikan Sepp Blater pada Februari tahun lalu. FIFA juga menegaskan, penambahan jumlah tim tidak akan berpengaruh pada penurunan standar turnamen secara keseluruhan.(AR/ANT)