INFONAWACITA.COM – Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi mencopot Letkol (Czi) Ubaidillah dari jabatan Komandan Kodim  0603 Lebak, Banten karena dinilai telah melakukan kesalahan saat menyelenggarakan kegiatan bela negara dengan organisasi kemasyarakatan Front Pembela Islam (FPI).

Kepala Penerangan Kodam III Siliwangi, Kol Arh M Desi Arianto mengatakan pencopotan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap Dandim Lebak dan ditemukan kesalahan prosedur pelaksanaan kegiatan tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh Kodam III/Siliwangi terhadap Dandim Lebak, ditemukan kesalahan prosedur yaitu Dandim tidak melapor terlebih dahulu, baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan bela negara tersebut,” kata Kol Arh M Desi Arianto, dalam siaran persnya di Bandung, Minggu (8/1).

Karena menyelenggarakan kegiatan tanpa izin atasan, kata M Desi, maka Pangdam III Siliwangi memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Dandim Lebak, Banten.

“Sanksinya yaitu dicopot dari jabatannya dan segera digantikan oleh pejabat yang baru,” kata M Desi.

Kegiatan yang melibatkan Kodim 0603 Lebak diketahui dari salah satu unggahan sebuah akun media sosial twitter @dpp_fpi yang mengunggah sejumlah foto kegiatan pelatihan bela negara.

“TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara) serta tanam 10.000 pohon di Lebak Banten,” cuitan disertai foto pada akun @dpp_fpi yang di publikasikan, Sabtu (7/1). (ANT/AK)