Harimau Sumatera Tersisa Dua Ekor

INFONAWACITA.COM – Keberlangsungan populasi harimau di kawasan Sembilang Dangku Sumatera Selatan sudah berada di ujung tanduk. Diperkirakan hanya dua ekor harimau saja yang tersisa.

“Sekarang ini terdeteksi dari keberadaan harimau asli Sumatera yang berjumlah enam hingga delapan ekor pada tahun 2013 itu, kini hanya tersisa dua ekor harimau jantan dan betina saja,” kata Senior Konservasi Biologi Zoological Society of London, Asep Adhikerana di Palembang, Rabu (11/1).

Ia menjelaskan, harimau sumatera atau Panthera tigris sumatrae termasuk dalam klasifikasi satwa kritis terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN.

Keberadaan harimau sumatera di kawasan Sembilang Dangku cukup mengkhawatirkan, karena di tahun 2013 masih ada 6-8 ekor, dan pada tahun 2015 pasca kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan hanya dijumpai dua ekor lagi.

“Sisanya tidak tahu kemana, mungkin lari ke utara ke arah Jambi atau justru diburu orang, kata Asep Adhikerana.

Keberadaan harimau di kawasan Sembilang Dangku sangat penting, karena harimau merupakan pemuncak dalam rantai makanan. Posisinya mengendalikan populasi kancil, rusa, pelanduk, babi hutan yang ada dikawasan tersebut. (ANT/HG)