Jajaki Bisnis di Indonesia, PM Jepang akan Bawa Puluhan CEO

INFONAWACITA.COM – Puluhan CEO dari perusahaan Jepang akan bergabung dalam rombongan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, dalam lawatannya ke Indonesia pada 15-16 Januari mendatang. Hingga saat ini, telah terdaftar 29 pengusaha yang menyatakan kesediaannya.

Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kozo Honsei, di Jakarta, Rabu (11/1), menyampaikan hal tersebut. Pemerintah Jepang ingin memperlihatkan potensi investasi di Indonesia. “Hingga saat ini ada 29 pebisnis yang ada dalam daftar saya,” terang Honsei.

Dijelaskan Honsei, lawatan PM Jepang ke Indonesia memang untuk mendorong peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara. Selain itu, kedua negara juga akan membahas isu regional, termasuk di dalamnya keamanan dan stabilitas kawasan. Hal ini sejalan dengan penguatan peran East Asian Summit, seperti yang diinginkan Indonesia.

Apa yang disampaikan Honsei menjadi respons atas pernyataan pers tahunan yang disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, yang ingin mendorong peran konstruktif EAS.

Rencananya, PM Jepang akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, membahas proyek infrastruktur, antara lain pembangunan Pelabuhan Patimban di Jawa Barat, kereta api cepat Jakarta-Surabaya, dan operasional Blok Masela Maluku. Jepang adalah salah satu mitra ekonomi terpenting bagi Indonesia. Nilai perdagangan kedua negara pada tahun lalu mencapai 31 miliar dolar AS, sedangkan nilai investasi mencapai 4,5 miliar dolar AS.(AR/ANT)