Kapolda Metro Jaya: Rachmawati Cari Dukungan di DPR RI, Proses Hukum Jalan Terus

INFONAWACITA.COM – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan mengaku tidak mempermasalahkan langkah politik yang dilakukan Rachmawati Soekarnoputri menemui sejumlah politisi di Gedung DPR RI.

Menurut Iriawan, langkah Rachmawati tidak akan mempengaruhi proses hukum kasus dugaan makar yang saat ini ditangani Polda Metro Jaya. “Pertama kasus tetap jalan. Itu hak ibu Rachmawati untuk ke DPR. DPR itu kan wakil rakyat,” kata Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (11/1). (baca: Polisi: Rachmawati Diduga Kucurkan Dana Operasional Makar )

Mantan Kadiv Propam Polri ini juga tak mempermasalahkan bantahan Rachmawati terhadap dugaan mendanai rencana makar yang dituduhkan kepadanya. Iriawan mengaku sudah mengantongi bukti yang cukup terkait aliran dana sebesar Rp 300 juta sebagai operasional menggerakkan massa aksi 212 ke Gedung DPR RI.

“Aliran dana ada, kita punya bukti. Bila tersangka bilang tidak, tidak masalah. Keterangan tersangka tak kita butuhkan. Ada saksi, ada surat bukti, ada petunjuk. Kami sudah penuhi bukti-bukti permulaan yang cukup. Jadi kasus itu kita tetap jalan,” kata Iriawan. (baca: Polri Tetapkan 7 Tersangka Pemufakatan Makar )

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan dari penelusuran penyidik Polda Metro Jaya diketahui ada aliran dana dari Rachmawati kepada salah seorang tersangka kasus dugaan makar, Alvin Indra.

Menurut Argo, transaksi tersebut berlangsung sekitar akhir November 2016 lalu. “Dari hasil pengecekan, Rachmawati diketahui mencairkan deposito sebesar Rp 300 juta, lalu ditransfer ke rekening Alvin Indra,” kata Argo Yuwono, Senin (9/1) lalu. (baca: Polri Kejar Tersangka Lain dan Penyandang Dana Rencana Makar )

Dari pemeriksaan terhadap rekening Rachmawati, kata Argo, tidak ditemukan aliran uang masuk ke rekening tersebut. Menurutnya, uang yang ditransfer ke Alvin Indra diduga untuk keperluan logistik bagi peserta aksi di Gedung DPR/MPR.

“(Dana) untuk keperluan logistik, makan, minum untuk massa yang akan berunjuk rasa di gedung DPR dan MPR. Uang tersebut dikirim dari rekening Rachmawati, namun tidak ada pihak lain yang mentransfer ke rekening Rachmawati,” kata Argo. (GR/AK)