Lampu Jalan di Kota Pekanbaru Dipadamkan Akibat Tunggakan Hingga Miliaran

INFONAWACITA.COM – Akibat adanya tunggakan tagihan listrik PT PLN (Persero) memutuskan jaringan listrik lampu jalan di Kota Pekanbaru.

Pemadaman ini telah dilakukan sejak 20 Desember lalu, karena 20 Desember merupakan batas akhir pembayaran tunggakan yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru

“Terkait padamnya sebagian lampu jalan di Kota Pekanbaru pada Rabu malam tanggal 28 Desember 2016 kami sampaikan sudah sesuai prosedur,” kata Manajer SDM, Komunikasi dan Umum PLN Wilayah Riau-Kepri, Dwi Suryo Abdullah, di Pekanbaru, Kamis (29/12).

Berdasarkan data PLN Area Pekanbaru, tunggakan pembayaran Penerangan Jalan Umum (PJU) Pemko Pekanbaru sebesar Rp19,8 miliar itu terhitung selama tiga bulan sejak Oktober hingga Desember. Selama ini, pembayaran PJU yang dilakukan masyarakat melalui tagihan listrik bulanan memang dikumpulkan lebih dulu oleh Pemko Pekanbaru sebelum disetorkan lagi ke PLN.

Rincian tunggakan itu antara lain pada bulan Oktober Rp6,52 miliar, November Rp6,61 miliar, dan bulan Desember Rp6,71 miliar. Sebelumnya PLN sudah menyurati instansi terkait di Pemko Pekanbaru untuk melunasinya dengan batas akhir hingga 20 Desember, agar terhindar dari pemutusan aliran listrik.

Menurut dia, dari kesepakatan tersebut telah dipenuhi pembayaran tagihan PJU bulan September dan dibayar pada 20 November 2016. Namun, untuk tagihan bulan Oktober sampai 22 Desember 2016 tidak dibayar sementara telah muncul tagihan Desember 2016 di tanggal 6-20 Desember.

“Ini berarti tunggakan rekening PJU sejak tanggal 21 Desember menjadi tiga bulan, Oktober, November, Desember, dan surat pemberitahuan telah dikirim pihak PLN,” katanya. (ANT/HG)