INFONAWACITA-COM-Menteri Kordinator Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan rencana pemerintah akan meluncurkan paket kebijakan ekonomi ke-14 dengan menggunakan E-Commerce. Tujuan dari paket kebijakan ini ialah untuk mendorong perluasan dan peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat diseluruh Indonesia secara efisien dan terkoneksi secara global.

“Jadi kegiatan yang ada bisa semakin luas, semakin jangkauannya semakin jauh dengan adanya E-Commerce ini,”kata Darmin di Kantor Presiden pada Kamis (10/11).

Selain itu Roadmap E-Commerce juga diharapkan dapat mendorong kreasi generasi muda dengan memberikan kemudahan dalam membuka usaha dan memberikan perlindungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan meningkatkan sumber daya manusia.

Nantinya ada delapan pokok kebijakan yang ditetapkan dalam peraturan Presiden. Pokok-pokok kebijakan tersebut ialah pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM), logistik, infrastruktur komunikasi, keamanan cyber dan pembentukan manajemen pelaksana.

Pemerintah menargetkan terciptanya 1000 technopreneur dalam kebijakan ini. Selain itu jika kebijakan ini berjalan dengan baik maka diprediksi pada tahun 2020 nilai inti E-Commerce mencapai 130 miliar dollar AS. (DS)