PT KJC: Underpass di Enam Stasiun Rampung April

INFONAWACITA.COM – PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menargetkan pembangunan jalur penyebrangan bawah tanah atau underpass di Stasiun Tebet, Cilebut, Bojonggede, Citayam, Pondok Ranji, dan Sudimara akan selesai April 2017.

“PT KCJ menargetkan pada April 2017 pengguna jasa mulai dapat menikmati fasilitas penyebrangan yang mengutamakan keselamatan tersebut.” kata Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila di Jakarta, Rabu (11/1).

Penambahan fasilitas penyebrangan antarperon untuk mengutamakan keselamatan dan memudahkan aktifitas penumpang berpindah antar peron, PT KCJ juga telah merealisasikan pekerjaan pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dan underpass di dalam stasiun. JPO dibangun di Stasiun Tanah Abang sebagai salah satu stasiun transit tersibuk. Secara fisik pembangunan JPO yang akan dilengkapi dengan enam eskalator tersebut telah selesai 80 persen. Rencananya pada maret 2017 fasilitas JPO di Stasiun Tanah Abang telah dapat digunakan.

Selain pembangunan JPO dan underpass PT KCJ juga telah memperluas Hall Stasiun antara lain di Stasiun Bogor dengan membuat bangunan baru untuk memisahkan alur pergerakan penumpang yang masuk dengan keluar stasiun. Selain Bogor saat ini proses perluasan hall juga masih berlangsung di Stasiun Tebet. Dengan program tersebut maka nantinya Stasiun Tebet akan memiliki tiga akses masuk dan keluar dari sebelumnya hanya satu akses.

Perluasan hall ini sejalan dengan upaya KCJ mendukung integrasi antarmoda di Jabodetabek. Khusus di Stasiun Tebet, perluasan hall memudahkan pergerakan pengguna dari stasiun menuju halte Transjakarta. Sepanjang tahun 2016 tercatat ada tiga stasiun KRL yang telah terintegrasi dengan Transjakarta yaitu Tebet, Manggarai, dan Palmerah. (HG)