INFONAWACITA.COM – Kepala Polda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan menegaskan pihaknya siap mengamankan sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga empat bulan kedepan.

Menurut Iriawan, setelah berbincang dengan hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara memperkirakan sidang kasus dugaan penodaan agama ini akan berlangsung lama karena banyaknya saksi yang akan dihadirkan.

“Sidang Ahok ini kemungkinan akan panjang sampai bulan April atau Mei. Karena saksi cukup banyak, ada sekitar 46 saksi. Kalau 4 saksi setiap minggu, sudah 8 minggu waktu yang dibutuhkan, belum replik, duplik dan pembelaan. Insya Allah tiap Selasa kami amankan sidang dengan maksimal dibantu dari TNI dan Pemkot,” kata Iriawan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (10/1).

Dalam sidang kelima ini, kata Iriawan, semunya berjalan dengan lancar karena pihaknya sudah mengetahui pola pengamanan. “Semua pola pengamanan sudah tahu, yah temen-teman seperti apa, baik sejak di Gajah Mada dan Ragunan semua lancar,” kata Iriawan.

Iriawan meminta pengertian masyarakat, karena saat sidang berlangsung banyak aktifitas yang terganggu khususnya akses lalu lintas disekitar lokasi persidangan di Auditorium Kementerian Pertanian harus ditutup untuk sementara waktu.

“Kami mohon pengertian masyarakat ya, karena pasti ada yang terganggu, karena jalur busway jurusan Ragunan-TB Simatupang, untuk hari Selasa ini tidak dibuka,” kata Iriawan. (GR/AK)