Archandra Desak PT PLN Perbaiki PLTP Kamojang

foto: antara

INFONAWACITA.COM – Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar berharap Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Unit I Kamojang, Jawa Barat kembali beroperasi.

PLTP Kamojang Unit I (30 MW) berhenti beroperasi karena kerusakan turbin disebabkan masa operasinya yang telah melewati 32 tahun. Padahal, desain turbin untuk sumur panas bumi rata-rata untuk pemakaian 30 tahun.

Berhentinya operasi PLTP Unit I Kamojang berkapasitas 30 MW cukup berpengaruh terhadap kinerja pembangkit secara keseluruhan.Dengan berkurangnya kapasitas PLTP Unit I, maka secara total PGE Kamojang hanya bisa memproduksi 205 MW dari kapasitas total lima unit pembangkit yang seharusnya 235 MW.

“Terhentinya PLTP Kamojang Unit I seharusnya tidak terjadi, uapnya ada namun tidak dimanfatkan oleh PLN, ini seharusnya engga terjadi karena kita mendorong renewable ini dengan sangat susah, dapat uap tapi engga dimanfaatin,” ujar Arcandra di Bandung, Senin (9/1).

Pemerintah saat ini kata Archandra tengah mendorong pemanfaatan sumber-sumber energi terbarukan termasuk panas bumi karena ketersediaan cukup banyak di Indonesia, terhenti beroperasinya PLTP Kamojang Unit I tersebut patut disayangkan karena uap yang tersedia jadi tidak termanfaatkan.

Archandra berharap PT PLN segera membenahi kerusakan yang terjadi. “PLN seharusnya cepat tanggap memperbaik karena sudah satu tahun rusaknya,” lanjut Arcandra. (HG)