Infrastruktur dan Dana Desa, Kunci Pangkas Kesenjangan

Foto : setneg.go.id

INFONAWACITA.COM – Pembangunan infrastruktur sangat berpengaruh untuk mengurangi kesenjangan di Indonesia. Kesenjangan berkurang karena penyerapan tenaga kerja dan penapatan masyarakat yang meningkat.

Menurut Presiden Joko Widodo selain pembangunan infrastruktur, penyaluran dana desa juga punya pengaruh yang sama. “Dana Desa juga berpengaruh karena dana yang beredar di daerah, kecamatan dan desa bertambah, daya beli bertambah,” kata Presiden di Gunung Sitoli, Sumut, Jumat (19/8/2016).

Lebih lanjut Presiden menyebut dari awal problem yang dihadapi Indonesia adalah kemiskinan, kesenjangan, ketimpangan antarkawasan dan antarindividu, juga pengangguran.

Pemerintah akan lebih fokus melakukan perbaikan dan penanganan masalah-masalah tersebut. “Kalau sekarang ada hasilnya akan kita lanjutkan,” kata Presiden.

Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia menurun dalam setahun terakhir. Hal tersebut ditandai dengan membaiknya angka gini ratio pada periode Maret 2016 di level 0,397, turun dibanding 0,408 pada Maret 2015.

Membaiknya angka gini ratio tersebut menunjukan terjadi perbaikan pemerataan pendapatan pada periode Maret 2015-Maret 2016. Gini ratio adalah rasio dari nol hingga satu yang menunjukkan makin tinggi gini ratio berarti makin tinggi tingkat ketimpangan di masyarakat. (TG)