Ini Dia 5 Negara Sumber Sampah Plastik di Laut, Adakah Indonesia?

Ilustrasi (Foto: bintang.com)

INFONAWACITA.COM – Sampah plastik menjadi persoalan yang mengkhawatirkan dunia karena sifatnya yang tidak bisa terurai. Sejumlah negara menjadi “tersangka” sumber sampah plastik.

Dalam konferensi Kelautan PBB, delegasi Indonesia bersama delegasi dari sejumlah negara Asia lain berjanji akan berupaya agar plastik tidak dibuang ke lautan. Pemerintah Indonesia mengatakan upaya itu dimulai dengan menerapkan program pendidikan mengenai lingkungan untuk murid-murid sekolah.

Pemerintah Indonesia menargetkan akan kurangi sampah plastik di laut sampai 70% selama delapan tahun mendatang dan mengatakan telah membuat tahapannya. Seperti dikutip dari Deutsche Welle, sejumlah negara memang menghasilkan sampah plastik dalam jumlah besar. Lima teratas negara penghasil sampah plastik terbesar adalah:

Ilustrasi (Foto: malangtoday.com)

Tiongkok : sebuah studi dari University of Georgia menempatkan Tiongkok sebagai negara konsumen plastik terbesar di dunia. Dari rata.rata 11, 5 juta ton sampah plastik per tahun, sebanyak 78% diantaranya mendarat di lautan lepas. Jika dihitung setiap penduduk di wilayah pesisir Tiongkok membuang 33,6 kilogram plastik ke laut per tahunnya.

 

Ilustrasi (Foto: cnnindonesia.com)

Indonesia: Negara kita ternyata menempati urutan kedua sebagai penghasil sampah plastik di laut. Dihitung dari prosentase jumlah sampah plastik yang tidak diolah, Indonesia termasuk yang paling tinggi di dunia. Sebanyak 87 persen dari 3,8 juta ton sampah plastik yang dibuang setiap tahun mendarat di laut. Artinya setiap penduduk pesisir Indonesia bertanggungjawab atas 17,2 kilogram sampah plastik yang mengapung dan meracuni satwa laut.

 

Ilustrasi (Foto: getty images)

Filipina: Sedikitnya 2,2 juta ton sampah plastik diproduksi Filipina setiap tahun, 83 persen di antaranya tidak diolah alias mendarat di laut. Secara keseluruhan setiap penduduk pesisir Filipina membuang 22,6 kilogram sampah plastik ke laut setiap tahunnya.

 

Ilustrasi (Foto: mongabay.co.id)

Vietnam: Dari dua juta ton sampah plastik yang diproduksi Vietnam, 1,8 juta ton alias 88 persen mencemari air laut. Artinya setiap penduduk pesisir Vietnam membuang 32,9 kilogram sampah plastik ke laut per tahun – termasuk yang paling tinggi di dunia.

 

Ilustrasi (Foto: netizenia.com)

Sri Lanka: Sebenarnya jika dilihat dari jumlah sampah plastik per tahun, Sri Lanka termasuk di urutan terbawah dengan cuma 1,8 juta ton. Tapi 84% di antaranya tidak diolah dan akhirnya mencemari laut. Tercatat setiap penduduk pesisir Sri Lanka bertanggungjawab atas 109 kilogram sampah plastik setiap tahunnya.(AR)