Kebut Infrastruktur, Warganet Apresiasi Kerja Jokowi Lewat 5 Meme Ini

INFONAWACITA.COM –  Pemerintahan Presiden Jokowi melalui kementerian terkait terus kebut pembangunan infrastrukur di Indonesia demi memacu pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan pembangunan antar wilayah.

Pembangunan infrastruktur tersebut berupa pembangunan jalan tol, bendungan, bandara, jalur kereta api hingga rumah untuk rakyat. Dalam hal infrastruktur jalan misalnya, Jokowi pernah menjelaskan bahwa dengan pembangunan infrastruktur ini agar lebih menekan logistic cost, transportasion cost sehingga nantinya barang menjadi murah.

Pembangungan infrastruktur diawasi betul oleh Jokowi, bukan hanya groundbreaking tetapi benar-benar dibangun. “Pak, paling-paling groundbreaking, setelah itu enggak dimulai. Ya silakan, wong ada gambarnya. Enggak percaya ya datang saja ke Lampung, ke Palembang, apakah sudah jadi seperti digambar ini atau tidak. Karena ini setelah groundbreaking, hampir 5 kali saya datangi, saya datangi, saya datangi, saya datangi lagi, saya datangi lagi. Saya cek, saya cek, saya cek, saya cek, saya cek lagi. Jadi yang kerja juga merasa diawasi,” kata Jokowi ketika menjelaskan Trans Sumantera beberapa waktu lalu.

Kerja keras dan optimisme dalam pembangunan infrastruktur inilah yang membuahkan hasil serta apresiasi dari warganet berupa meme yang tersebar di media sosial berikut ini.

1 Nanti mudik ke Sumatera pake tol aja

Jalan tol Trans Sumatera ini rencanya akan menghubungkan dari Lampung hingga Aceh dari Sumatera Selatan hingga Sumatera Utara. Panjang Trans Sumatera ini 2,8 ribu kilometer dan 825 kilometer, di antaranya akan selesai di 2019 mendatang. Bersiap mudik pakai tol nih.

2. Naik kereta dari Bandung Sampe Sulawesi?

Selain jalan tol, pemerintahan era jokowi juga membangun jalur kereta api. Melalui Kementerian Perhubungan, Jokowi telah mengalokasi dana Rp 234 triliun hingga tahun 2019 untuk pembangunan jaringan rel kereta api di Sulawesi, Sumatera, Kalimantan hingga Papua.

3. Rumah murah dibangun beneran loh

Rumah murah ini dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan cicilan sekitar Rp 800.000 per bulan dengan uang awal atau DP sebesar 1 persen atau Rp 1,41 juta rupiah. Ini membuktikan bahwa rumah 1 persen program Jokowi tidak hanya janji semata.

4. BBM satu harga jalan kemana suka

Dengan dibangunnya jalan tol lintas Papua atau Trans Papua akan memudahkan akses masyarakat Papua dalam pembangunan ekonomi dan pemerataan. Ditambah dengan kebijakan BBM satu harga yang diterapkan pemerintah pada awal 2017 lalu akan membuat masyarakat Papua lebih mudah mengurangi kesenjangan.

5. Bandaranya udah dibangun  

Selain dibangun Trans Papua, Jokowi juga mengefektifkan infrastruktur lain di Papua dengan membangun dan memperluas bandara-bandara di Papua. Jadi masyarakat Papua sekarang bisa terbang kemana saja karena bandaranya sudah keren. (RA)