Mendagri: Setelah HTI, Ada Ormas Lain Yang Akan Dibubarkan

foto: tjahjokumolo.com

INFONAWACITA.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan akan ada lima organisasi masyarakat (ormas) yang akan dibubarkan setelah Hizbut Tahir Indonesia (HTI).

Lima ormas tersebut kata Tjahjo tergolong ormas kecil namun cukup memiliki nama di daerah.

“Kan saya sampaikan, Kemendagri (mendapatkan) laporan daerah, ada ormas kecil, tapi ormas kecil ini cukup punya nama,” ujar Tjahjo di Jakarta, Sabtu (12/8).

Ia menjelaskan hasil keputusan Kemendagri akan diserahkan pada sejumlah pihak terkait, yang menangani pembubaran tersebut.

“Hasil Kemendagri ya kita serahkan aja, baik itu bagian Kejaksaan, Kepolisian, ke Kemenko, ke tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat daerah,” jelas Tjahjo.

Lebih lanjut Tjahjo menegaskan pembubaran ormas harus diputuskan berdasarkan dugaan kuat.

Tidak Hanya Menyasar Ormas Keagamaan

 

Tjahjo pun menegaskan pembubaran tak hanya menyasar pada ormas berbasis keagamaan, tetapi juga ormas lain yang ingin mengganti Pancasila sebagai ideologi negara.

“Ormas yang dibubarkan tidak terbatas ormas agama, tidak. Ormas umum, ormas sosial pun termasuk ormas radikal pun tetap bisa (dibubarkan),” kata Tjahjo.

Ia menambahkan, pemerintah tak mau gegabah dalam proses pembubaran ormas selain HTI ini.

Meski dianggap memiliki ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, menurut Tjahjo, ormas itu tidak seperti HTI dan tidak berbasis keagamaan. Akan tetapi, gerakannya lebih radikal.

“Punya paham, punya ideologi lain. Sifatnya lebih radikal. Tidak terdata di nasional, perlu dicek, di Kejaksaan, di Kepolisian. Kami komparasi ke semua datanya,” ujar Tjahjo. (HG)