Panglima TNI Ajukan 3 Nama Calon Kepala Staf TNI AU

setkab.go.id

INFONAWACITA.COM – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengajukan tiga nama kepada Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna yang memasuki masa pensiun pada Januari 2017.

“Saya sudah mengajukan tiga nama calon pengganti KSAU yang memasuki masa pensiun. Tiga calon ini bintang tiga semua,” kata Jend TNI Gatot usai menghadiri Perayaan Natal Bersama TNI, di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (11/1).

Menurut Gatot, tiga nama yang diajukan yakni Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto dan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja.

Bagus Puruhito saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Lemhanas, sementara Hadi Tjahjanto sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Hadiyan Sumintaatmadja sebagai Wakil Kepala Staf TNI AU.

Sementara, Marsekal Madya TNI Felicianus Henry Bambang Soelistyo yang saat ini menjabat Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Badan SAR Nasional (Basarnas) tidak masuk dalam kandidat KSAU yang diajukan Panglima TNI. “Kepala Basarnas tidak diajukan karena bulan depan akan memasuki masa pensiun,” kata Gatot.

Gatot mengatakan pihaknya hanya mengajukan ketiga nama kepada Presiden dan yang akan terpilih tergantung hak prerogatif Presiden. “Kita serahkan kepada Presiden Jokowi untuk memilihnya,” kata Gatot.

Kepala Penerangan TNI AU Marsma TNI Jemi Trisonjaya mengaku kurang memahami prosedur pengusulan penggantian KSAU. “Masalah tersebut urusan pimpinan TNI,” kata Jemi. (ANT/AK)