Pemerintah Susun Draf Regulasi Atur Ketenagakerjaan Ekonomi Digital

kUNJUNGAN MENTERI KETENAGAKERJAAN: Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (tengah) di Kantor Media Group, Kedoya, Jakarta, Selasa (11/11). Kunjungan Menteri Hanif Dhakiri dalam rangka silaturahmi dan perkenalan program-program kementerian.

INFONAWACITA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan saat ini tengah menyusun draf regulasi yang mengatur persoalan ketenagakerjaan bidang ekonomi digital.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyatakan, saat ini teknologi telah mengambilalih banyak jenis pekerjaan. Di sisi lain, kehadiran teknologi digital juga mampu menciptakan lapangan kerja yang baru. Hal inilah yang harus segera dibuatkan regulasi.

“Meskipun hubungan pekerjaannya bersifat virtual, harus ada aturan yang jelas, karena melibatkan pekerja dan pemberi kerja,” kata Hanif, di kantornya, Selasa (18/4).

Untuk itulah, saat ini Kemnaker tengah menyusun draf regulasi yang mengatur hal itu. Regulasi mendesak diterbitkan, lanjutnya, untuk menjamin kepastian hak pekerja, pemberi kerja, konsumen serta menghindari potensi gejolak sosial.

Terkait hal itu, Kemenaker dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan bekerja sama menggelar konferensi nasional “Ketenagakerjaan Indonesia di Era Ekonomi Digital.” Konferensi yang melibatkan kalangan luas ini bekerja sama dengan Friedrich Ebert Stiftung, Jerman. Hasil pertemuan ini akan menjadi menjadi masukan berharga bagi pemerintah.(AR)