Ryamizard: Pemerintah Bukan Larang FPI Bela Negara, Tapi…

setkab.go.id

INFONAWACITA.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan pemerintah tidak pernah melarang organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk ikut dalam pelatihan bela negara.

Dalam kasus Front Pembela Islam (FPI) di Lebak, Banten, kata Ryamizard, yang harus menjadi pertimbangan penting karena ormas tersebut kontroversial dalam masyarakat. (baca: Gelar Kegiatan Bersama FPI, Jabatan Dandim Lebak Dicopot )

“Oh iya, itu baru saya selidiki. Kan harusnya izin saya dulu, apalagi ini kan berkaitan dengan hal-hal luar biasa. Semuanya bisa saja bela negara, tapi yang tepatlah,” kata Ryamizard di Jakarta Convention Center, Selasa (10/1).

Ryamizard mengaku pihaknya sedang menyelidiki proses kerja sama tersebut, sehingga FPI yang disinyalir anti Pancasila bisa mengikuti latihan bela negara yang diadakan Kodim 0603 Lebak, Banten.

“Ya, makanya saya belum bisa klarifikasi karena ini kan masih saya lihat dulu kenapa hal ini bisa terjadi,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini. (baca: Anggota Komisi I DPR RI Apresiasi Pencopotan Dandim Lebak )

Menurut Ryamizard, semua elemen masyarakat boleh melakukan bela negara, tetapi hal tersebut tentunya harus dikoordinasikan dengan baik. “Semuanya bisa saja tapi yang pas lah. jangan sampai menimbulkan pro kontra, tidak baguslah itu,” kata Ryamizard kepada wartawan. (DS/AK)