Sambut Asian Games 2018, Ini Dia 5 Fasilitas Pelengkap Wajah Baru GBK

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) mulai menampakkan wajah barunya. (Foto: detik,com)

INFONAWACITA.COM – Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) saat ini tengah bersolek. Di sinilah nantinya mata dunia akan terpusat, saat pesta olahraga terakbar di Asia, yaitu Asian Games 2018, akan digelar dari bulan Agustus hingga September tahun depan.

Hingga kini proses permak habis-habisan stadion yang memiliki nilai sejarah ini telah mencapai 82 persen. Apa saja hal-hal baru yang ada di wajah baru GBK? Ini dia lima pelengkap GBK:

Ilustrasi (Foto: sundancesolar.com)

Solar panel: GBK akan dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Pemasangan PLTS dilakukan guna memenuhi lebih dari 30 persen kebutuhan listrik. Solar panel ini akan memiliki kapasitas hingga 1 Megawatt. Solar panel selain efisien dan murah, tentu saja teknologi ini lebih ramah lingkungan.

 

Ilustrasi (Foto: kumparan)

Rumput Zoysia Matrella: Stadion Utama GBK juga akan memakai rumput jenis Zoysia Matrella yang dikembangkan di Solo. Penggunaan rumput ini disesuaikan dengan standar internasional. Jenis rumput ini memiliki konstruksi akar yang kuat, tidak mudah rusak bila digunakan dalam pertandingan sepakbola serta mendukung akurasi pengukuran pada cabang olah raga lempar lembing. Rumput ini juga digunakan saat pembangunan Stadion Utama GBK pada tahun 1962.

 

Kursi baru GBK dalam proses pemasangan. (Foto: kumparan)

Kursi Penonton Lebih Nyaman : kursi menjadi bagian yang diberikan perhatian khusus. Kualitas kursi yang baru diklaim jauh lebih nyaman bagi para penonton. Desain kursi juga menggunakan warna merah putih.

 

Ilustrasi (Foto: kerjanews.com)

Penerangan dan Soundsystem Canggih: salah satu hal yang menjadi perhatian dan sangat penting adalah penerangan. Stadion Utama GBK menggunakan lampu LED yang konon tidak menimbulkan bayangan. Selain itu, soundsystem juga menggunakan standar internasional yang layak untuk menerima tamu kenegaraan.

 

Ilustrasi (Foto: kumparan.com)

Aksesibilitas : ada empat passengers lift yang akan dipasang di sisi Barat dan Timur Stadion Utama GBK. Selain itu akses untuk para penyandang disabilitas akan dibuat jalur melalui area bawah stadion. Diharapkan itu akan mempermudah akses bagi para atlet nantinya.(AR)