Ungkap Kasus Novel, Polda Metro Jaya Bakal Kirim Penyidik ke Singapura

Novel Baswedan (foto: jawapos.com)

INFONAWACITA.COM – Untuk mengungkapkan siapa dalang di balik penyerangan Novel Baswedan, Polda Metro Jaya bakal mengirim anggotanya ke Singapura pekan depan, guna memeriksa penyidik senior KPK tersebut.

Hal ini, disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (12/8).

“Rencana minggu depan penyidik akan diberangkatkan ke sana (Singapura),” katanya, seperti dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan jadwal keberangkatan para penyidik Polda Metro tersebut. Namun, rencananya penyidik Polri akan ditemani salah seorang anggota komisioner lembaga antirasuah tersebut.

“Sedang dikoordinasikan dengan KPK untuk waktunya kapan,” tambahnya.

Kendati demikian Argo menyampaikan, nantinya ada dua penyidik yang diberangkatkan ke Singapura. Namun, Argo tak membeberkan secara detail keterangan apa yang bakal dimintai penyidik Polda terhadap mantan polisi yang berpangkat Kompol tersebut.

“Itu materi penyidikan. Nantinya penyidik yang akan menentukan,” jelasnya.

Terjadinya insiden

Sebelumnya, insiden itu terjadi, usai Novel menunaikan ibadah salat subuh di Masjid Al-Ikhsan, yang terletak di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 11 Apri 2017 lalu.

Bahkan akibat dari peristiwa tersebut, Novel harus dilarikan ke rumah sakit di Singapura untuk mendapat perawatan secara intens.

Polisi telah memeriksa saksi sebanyak 59 orang untuk mengungkapkan kasus tersebut. Bahkan, Polisi juga sempat mengamankan lima orang yang diduga pelaku penyiraman air keras itu.

Namun pada akhirnya polisi pun melepaskan kembali ke lima orang itu, lantaran tak mendapatkan bukti yang kuat. Polisi juga mengamankan sebanyak 50 rekaman CCTV dan memeriksa 100-an toko kimia yang terdapat di Wilayah DKI Jakarta. (*/GR/yi)